Thursday, September 29, 2011

Sejarah Kode QR Di Dunia dan Indonesia (1)

QR Code

Pada artikel kali ini saya akan menuliskan artikel yang bersambung mengenai Kode QR. Berikut artikel yang pertama mengenai “Sejarah Kode QR Di Dunia dan Indonesia”. 

Beberapa tahun lalu ketika melihat logo disamping entah itu di koran atau dimedia mana saja, saya selalu berpikir kira-kira apa maksud atau arti dari gambar tersebut. Setelah mempunyai handheld Android dan ada aplikasi barcode scanner, rasa penasaranku mulai terpenuhi. Ternyata gambar tersebut dinamakan QR Code atau Kode QR.

Berdasarkan penjelasan dari wikipedia, Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994. Kode QR  merupakan singkatan dari Quick Response atau respon cepat karena tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang. Imformasi tersebut dapat menyimpan alamat web (URL), nomor telepon, teks, dan SMS.  Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Di Jepang sendiri, pada awalnya Kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur  namun kini digunakan dalam konteks yang lebih luas termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di negara sakura tersebut, penggunaan kode QR sangat populer. Hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan.

Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Teknologi tersebut diluncurkan menjelang ulang tahun ke 44 harian ibu kota tersebut. Bertujuan  meningkatkan interaksi antara harian Kompas dengan pembacanya. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Saat ini penggunaan kode QR di Indonesia sudah sangat berkembang luas. Umumnya kode QR digunakan untuk tujuan komersialisme dan masih banyak lainnya. Kode QR bisa dilihat di media cetak, media elektronik sampai baju.

*pernah saya muat dari web saya sebelumnya 

1 comment:

  1. Rata2 qr code yang dibuat berupa url. Kalau mau yang rasa Indonesia coba kunjungi
    qr.my.to
    Ada berbagai macam pilihan tampilan, warna dan format data
    Misal QR Code untuk melengkapi kartu nama. Bisa di isi peta ke rumah, phonebook, atau format SMS. Ada versi gratis dan berbayarnya. Kalau mau mencicipi yang versi berbayar dikasih 3 kuota. Ada afiliasi juga, lumayan untuk tambahan penghasilan

    ReplyDelete