Thursday, September 29, 2011

Fungsi Serta Plus Minus Dari Kode QR (2)

Kartu Nama QR Code

Seperti yang telah saya tulis pada artikel sebelumnya,  salah satu fungsi Kode QR adalah sebagai sarana promosi. Saat ini saya akan coba menguraikan lebih lengkap mengenai fungsi serta plus minus kode QR.

Fungsi Kode QR

Fungsi utama dari Kode QR adalah untuk untuk mengidentifikasi sebuah benda yang ditempelkan kode QR tersebut.  Hasil pengidentifikasi tersebut bisa beragam mulai dari informasi alamat web,  pelayanan atau promo, google map, informasi kontak, alamat email, nomor telepon, text, RSS Feed dan masih banyak lagi. Hal tersebut mengacu pada kebutuhan dari si pembuat kode QR.
Sebagai contoh, McDonald Jepang  memberikan kode QR Terdapat 19 jenis ” sandwich ” yang diberi kode QR yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwich tersebut.

Plus Minus Kode QR

Ada banyak plus atau kelebihan dari Kode QR dibandingkan barcode biasa, yaitu :
* Kapasitas data yang lebih banyak dimana pada barcode hanya bisa menyimpan maksimum 20 digit data sedangkan pada kode QR bisa menyimpan sampai ratusan data. Secara spesifik, kode QR mampu menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf kanji sampai dengan 1.817 karakter.
* Tipe Data yang disimpan oleh kode QR  juga beragam mulai dari angka, huruf, kode binari  bahkan sampai huruf Jepang seperti Kanji, Hiragana dan Katakana.
* Ukuran cetak untukkode QR jauh lebih kecil (sepersepuluh dari kode batang) karena kode QR dapat menyimpan data baik secara horisontal maupun vertikal.
* Hasil cetakan di kode QR lebih tahan terhadap kerusakan seperti debu sampai robek bahkan data di kode QR masih bisa dibaca walaupun sebagian kode sudah rusak atau robek (maksimum tingkat kerusakan 30%).
* Kode QR dapat dibaca dari segala arah atau sudut (360 derajat) sehingga kemungkinan gagal dalam membaca QR Code sangat kecil.
Untuk minus atau kekurangan dari Kode QR, saya masih belum bisa menemukan sumber yang memberitakannya. Saya harap ini pertanda bagus kedepannya.

*pernah saya muat dari web saya sebelumnya 

No comments:

Post a Comment